April 20, 2015

Lima Bencana Kepunahan Terbesar yang Pernah Terjadi




Jika kita menduga tsunami Aceh, letusan Gunung Tambora atau Krakatau dengan korban jiwa ratusan ribu itu luar biasa, tunggu dulu. Itu semua hanya tidak ada apa-apanya bila dibandingkan bencana-bencana terbesar selama planet bumi ada. Planet bumi yang berumur 4,5 juta abad telah mengalami beberapa kali "kiamat". Ya bisa disebut "kiamat" karena bencana-bencana tersebut telah mengakibatkan banyak kepunahan species. Jika bencana-bencana yang banyak kita ketahui berlangsung hanya beberapa saat, peristiwa kepunahan berikut berlangsung selama ribuan sampai jutaan tahun. Berikut adalah peristiwa-peristiwa kepunahan terbesar yang telah tercatat oleh ahli arkeologi dan kosmologi.




1. Peristiwa Kepunahan Cretaceous–Paleogene (66 juta tahun yang lalu)


Peristiwa kepunahan Cretaceous–Paleogene disebabkan oleh jatuhnya komet/asteroid ke permukaan bumi. Jatuhnya komet/asteroid ini tidak sebatas menhancurkan daerah di sekitarnya saja namun juga mengakibatkan musim dingin berkepanjangan akibat debu dan material lainnya yang diakibatkan tumbukkan komet/asteroid terbang ke udara dan menutupi atmosfer bumi. Diperkirakan 75% spesies pada masa ini punah akibat tidak mendapatkan cahaya matahari. Namun selain akibat tumbukkan meterorit, berkembang juga dugaan lain yang disebabkan oleh erupsi vulkanik, perubahan iklim secara alami, atau perubahan ketinggian air laut.



2. Peristiwa Kepunahan Triassic–Jurassic (201 juta tahun yang lalu)

Penyebab Kepunahan Triassic–Jurassic masih menjadi perdebatan bagi di kalangan ilmuwan. Sebagian berpendapat penyebabnya perubahan iklim secara bertahap, perubahan ketinggian air laut,sampai tumbukkan asteroid di permukaan bumi. Sebagian lain berpendapat akibat erupsi vulkanik besar-besaran sehingga meningkatnya kadar karbon dioksida dan sulfur dioksida di udara yang mengakibatkan pemanasan global.  Yang jelas diperkirakan 70-75% spesies telah punah pada masa ini.

3. Peristiwa Kepunahan Permian–Triassic (252 juta tahun yang lalu)

Inilah peristiwa kepunahan terbesar yang tercatat sejarah. Sekitar 96% persen spesies punah pada masa ini. Para ilmuwan mengemukakan banyak teori antara lain sebab lepasnya gas metana dari dasar laut yang mengakibatkan efek rumah kaca, tumbukkan asteroid, hingga erupsi vulkanik.

4. Peristiwa Kepunahan Late Devonian (375-360 juta tahun yang lalu)

Peristiwa kepunahan ini telah mengakibatkan sekitar 70% spesies punah. Penyebabnya adalah penyebaran oceanic anoxia. Oceanic anoxia adalah keadaan dimana perairan laut dan samudera mengalami penurunan kadar oksigen. Peristiwa kepunahan Late Devonian berlangsung selama 20-25 juta tahun.

5. Peristiwa Kepunahan Ordovician–Silurian (447-443 juta tahun yang lalu)

Pada masa Ordovician, sebagian besar spesies masih hidup di laut. Kepunahan pada masa ini disebabkan oleh pendinginan global yang mengakibatkan turunnya permukaan laut. Sebanyak 70% spesies punah pada masa ini.

Kata kunci: Five greatest extinction event

0 comments:

Post a Comment