April 20, 2015

Mengapa Berenang Olahraga Paling Baik



Courtesy: reachforthewall.com


Dari semua jenis olahraga, berenang menimbulkan banyak manfaat daripada jogging, bersepeda, weight training, dan yang lainnya. Berenang lebih banyak membakar kalori, lebih efektif meningkatkan stamina, sekaligus baik bagi penderita asma. Mengapa bisa demikian? Berikut adalah alasannya.



1.  Seluruh anggota tubuh lebih aktif.

Berenang dengan gaya apapun pasti kita akan menggunakan tangan dan kaki sekaligus, beserta pergerakan anggota tubuh lainnya seperti punggung, leher, dan perut. Berbeda dengan jogging atau besepeda yang pergerakannya lebih terkonsentrasi ke bagian bawah tubuh. Karena itu berenang dapat membakar kalori lebih cepat sekaligus membentuk otot ke seluruh bagian tubuh.

2. Medium air memiliki temperatur yang lebih rendah.

Temperatur air yang digunakan untuk berenang berada di bawah temperatur tubuh. Air juga medium pendingin yang lebih cepat daripada udara. Oleh karena itu untuk menjaga temperatur badan, tubuh akan lebih banyak membakar kalori. 

3. Medium air memiliki hambatan yang lebih besar


Air memiliki massa jenis yang lebih tinggi daripada udara. Tentu tiap pergerakan yang kita lakukan di dalam air jauh lebih sulit daripada di permukaan. Energi yang diperlukan lebih besar. 

4. Saat berenang kita menarik napas cepat dan dalam-dalam.

Inilah alasan mengapa berenang baik bagi penderita asma. Penderita asma umumnya memiliki bentuk rongga-rongga pernapasan yang lebih sempit daripada orang pada umumnya. Dengan sering menarik napas dengan cepat dan dalam-dalam, rongga pernapasan semakin lama semakin lebar dan stamina semakin kuat. 

0 comments:

Post a Comment